Jelang garis finis Liga Inggris, Manchester City akan ditunggu Leicester City. City sepatutnya kembali merebut puncak klasemen dari tangan Liverpool.

Duel Man City vs Leicester akan digelar di Stadion Etihad, Selasa (7/5/2019) dinihari WIB. City mengumpulkan 92 poin, ketinggalan dua poin dari Liverpool yang berhasil menang sulit payah atas Newcastle United 3-2 pada Sabtu (5/5).

Di atas kertas, City dan Leicester bukan lawan berimbang. Namun, Si Rubah sedang melaju kencang berakhir hanya sekali keok dan meraih lima kemenangan dalam tujuh lomba terakhir di Premier League. Plus, Leicester berhasil mengejutkan the Citizens dikala menang 2-1 di Stadion King Power pada awal musim ini.

City meraup 100% kemenangan dalam 12 lomba liga terakhir, dan hanya sekali keok dalam 17 lomba. Gagal meraih angka penuh adalah pantangan bagi regu tuan rumah.

Berikut adalah fakta-fakta di dalam lomba Man City vs Leicester, yang dirangkum Opta:

– Manchester City telah memenangi tiga dari empat pertemuan dengan Leicester di Premier League, meskipun mereka keok 1-2 di sangkar lawan pada Desember lalu.

– Leicester mencari kemenangan ganda untuk pertama kalinya atas Manchester City di sepakbola tahapan teratas untuk pertama kalinya semenjak 1986/97, sementara itu mereka juga mencari untuk menjalankan kemenangan ganda atas juara liga di tahapan teratas untuk pertama kalinya semenjak 1985/86 kala menaklukkan Everton.

– Manchester City telah memenangi tiga dari empat lomba sangkar melawan Leicester, setelah tiga kali keok melawan the Foxes.

– Manchester City telah memenangi tiap dari 12 lomba terakhirnya di Premier League. Ini adalah laju kelima dari sebuah regu dengan minimal 12 kemenangan berturut-ikut serta dalam sejarah persaingan ini, dengan Man City menjadi satu-satunya regu yang bisa melakukannya dua kali.

– Leicester tak pernah menang di lomba tandang yang digelar di hari Senin di Premeir League, dengan hasil seri tiga kali dan delapan kali keok dalam 11 lomba.

– Man City tak pernah keok di lomba sangkar terakhir dalam satu musim setelah takluk 2-3 dari Norwich pada 2012/13, dengan hasil empat kali menang dan sekali seri semenjak dikala itu.

– Manchester City telah memenangi delapan dari 10 lomba sangkar terakhir di Premier League di bulan Mei (seri 2), menjadikan 29 gol dan hanya kebobolan lima gol di dalam laju tersebut.

– Pep Guardiola keok dua kali melawan Leicester di Premier League sebagai manajer Man City. Cuma melawan Chelsea (3), pelatih Spanyol itu lebih banyak keok di persaingan ini.

– Sergio Aguero telah mengemas 15 gol di lomba sangkar City di Premier League pada musim ini — hanya di musim 2011/12 (16 gol), ia mencetak gol lebih banyak di Etihad.

– Sejak debutnya di Premier League pada 2014/15, Jamie Vardy telah mencetak lebih banyak gol melawan regu-regu enam besar daripada pemain-pemain lainnya di persaingan ini (31)